Powered by Blogger.

Perawatan Pada Saat Tumbuh Bulu

Wednesday, August 24, 2011


Pada saat semua bulu-bulu tua sudah rontok dari kepala hingga ke ekornya, berarti proses mabung sudah selesai. Dan proses tumbuh bulu baru dimulai. Saat tumbuh bulu-bulu muda proses perawatan harian sudah bisa dikembalikan ke seperti perawatan harian sediakala.

Selama tumbuh bulu muda, burung tidak perlu di jemur. cukup di angin-anginkan lebih kurang 15 menit lamanya. sambil kandangnya di bersihkan. Sekali lagi, jangan pernah menjemur burung di terik matahari sampai pertumbuhan bulu selesai, terutama bagian ekor. Efek negatif bila di jemur, maka proses pertumbuhan bulu, terutama bulu ekor akan terhenti dan bulu menjadi cepat tua (kelihatan kusam /tidak mengkilat).

Selama proses tumbuh bulu, perhatikan vitamin dan beri shampo mandi untuk burung. Agar bulu yang baru tumbuh lebih sehat dan tidak mudah terserang kutu atau germ.

Setelah bulu sudah tumbuh maksimal, baru dilakukan penjemuran di matahari pagi, sekitar jam 07:00. Proses penjemuran dilakukan bertahap lamanya. Minggu pertama, lama penjemuran 15 menit. Kemudian minggu kedua menjadi 30 menit, dan seterusnya. Sampai sekitar 2 jam lamanya.

Proses yang bertahap tersebut sangat dianjurkan dalam men"treatment" burung agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Dan selama lebih kurang dua bulan setelah tumbuh bulu untuk tidak mempertemukan dengan burung Murai Batu lainnya, sampai mental dan fisiknya stabil kembali.

Setelahnya baru burung sudah bisa untuk di latih dengan mempertemukan dengan Murai Batu lainnya dalam skala kecil. 3 atau 4 burung untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan Murai Batu kita setelah lama beristirahat.

Minggu selanjutnya burung sudah bisa untuk di bawa ke tempat Latber. Latber bisa dilakukan seminggu sekali selama 1 sampai 2 bulan.

Bila burung di anggak sudah mulai stabil kicauan dan stamina, seperti Volume yang dapat menembus suara teriakan penonton dan lagu yang dibawakan dianggap sudah memenuhi syarat untuk mengikuti kontes burung, bisa dicoba ditempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Sambil di pantau secara serius kondisi burung.


0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Classification of Birds, How to treatment, Best services, Best Perform to contest, Singing, Ocehan Burung Berkicau, Breading, Conservation, Green & Black Forest, Grand Champion of Competition. Relationship Between Bird Club.

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP