Powered by Blogger.

Perawatan Pada Saat Mabung

Tuesday, August 23, 2011


Ini adalah cara perawatan tetangga sebelah yang telah mengantarkan burung Murai Batunya bernama"Elang Sakti" menjadi Grand Champion Indonesia dan terbukti ampuh. Tentunya masing-masing kicaumania punya cara sendiri-sendiri dalam merawat burung kesayangannya. Tergantung karakter dan tipikal burung yang bersangkutan.


Banyak sekali pemain murai batu, baik yang pemula maupun yang sudah top terjebak pada saat mengkondisikan MB jawaranya setelah mabung, hal ini dikarenakan karena keinginannya untuk segera melombakan kembali burung jawaranya. Ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan pada saat merawat murai waktu mabung dan jangan pernah melanggarnya.

Kebersihan kandang harus tetap terjaga. Bersihkan kandang setiap hari.

Porsi extra fooding jangkrik di kurangi saat burung mau mabung. Misal saat normal 5 jangkrik, kurangi jadi 2 jangkrik masing-masing pagi dan sore. Kroto ditambahkan dari 2 sendok makan menjadi 3 sendok makan. Selama mulai rontok bulu burung tidak perlu di jemur.

Kurangi mandi saat burung mulai rontok bulu dari setiap hari menjadi 2-3 hari sekali. Sambil kandang dibersihkan.

Rubah waktu mandi antara jam 12:00 - 13:00 setelah mandi burung langsung di kerodong dalam kondisi basah dan jangan di angin-anginkan.

Beri larutan Growvit pada air minumnya (tidak usah terlalu banyak cukup sebesar pentol korek saja untuk tiap cangkir air minum)

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Classification of Birds, How to treatment, Best services, Best Perform to contest, Singing, Ocehan Burung Berkicau, Breading, Conservation, Green & Black Forest, Grand Champion of Competition. Relationship Between Bird Club.

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP