Powered by Blogger.

Ulat Hongkong Penyebab Katarak & Rontok Bulu.?

Saturday, August 27, 2011


Dalam dunia kicauumania banyak mitos-mitos yang tidak benar berkembang yang berakibat membingungkan sesama pemain burung . Salah satu mitos yang salah selama ini seperti ada pertanyaan " Benarkah ulat hongkong dapat menyebabkan katarak pada Murai Batu ?"

Perlu kita ketahui bahwa ulat hongkong merupakan serangga yang sangat baik sebagai pakan burung sebagai sumber protein, lemak dan karbohidrat.

Ulat hongkong yang berwarna putih (baru saja ganti bulu) mengandung nutrien yang lebih banyak dibandingkan dengan ulat hongkong tua/berkulit kuning. Ulat hongkong bukan merupakan penyebab katarak pada burung Murai Batu.

katarak merupakan penyakit keturunan. Ulat hongkong juga bukan penyebab ganti bulu . kalau Murai Batu diberi ulat hongkong kemudian mengalami ganti bulu, itu bukan disebabkan oleh ulat hongkong tetapi karena Murai Batu tersebut sedang memasuki masa ganti bulu (mabung).

Katarak bisa juga di akibatkan karena sangkar tidak pernah dibersihkan (kotor). sehingga banyak bersarang bibit penyakit. Kandang yang jarang dibersihkan menyebabkan kotoran akan beterbangan jika tertiup angin. Dan awalnya burung berpenyakit mata tanpa kita sadari. Lama-kelamaan bisa menyebabkan, mata burung menjadi katarak bahkan kalau tidak segera diobati menyebabkan kebutaan total. Burung yang mengalami katarak dianggap burung yang cacat, menyebabkan harga burung jatuh.

Semua burung Murai Batu yang saya pelihara di rumah mendapat menu ulat hongkong. Dengan takaran 5 -10 ulat hongkong perhari. Dan hingga sekarang belum ada yang mengalami katarak.

2 comments:

Unknown March 30, 2015 at 11:19 PM  

Pengganti ulat hongkong hidup untuk burung kesayangan anda. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai oleh burung.

Pengganti ulat hongkong hidup untuk burung kesayangan anda 

Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk burung kesayangan anda

Unknown December 18, 2015 at 3:48 PM  

pemberian ulat hongkong yang terlalu banyak dapat menyebabkan katarak. baru2 ini saya memberi makan burung pendet saya selalma 5 hari berturut2 tanpa ada selingan lain, tiba2 matanya kendur melebar kemudian bengkak. dan dalamnya keputih2han, saya sangat menyesal dan kasian, dan uda satu minggu ini penyakitnya belum kunjung sembuh.

Post a Comment

About This Blog

Classification of Birds, How to treatment, Best services, Best Perform to contest, Singing, Ocehan Burung Berkicau, Breading, Conservation, Green & Black Forest, Grand Champion of Competition. Relationship Between Bird Club.

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP